Upaya Guru PAI Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IX di SMP Muhammadiyah Ambon pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Solechah, Ainun (2024) Upaya Guru PAI Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IX di SMP Muhammadiyah Ambon pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (928kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (527kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan: 1) upaya guru PAI mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah Ambon. 2) jenis kesulitan belajar yang di alami siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah Ambon. Jenis penelitian yang di gunakan merupakan penelitian Kualitatif deskriptif. Penelitian ini di lakukan dari tanggal 9 Januari 2024 sampai dengan 9 Februari 2024. Dengan lokasi yang di ambil peneliti pada sekolah menengah pertama SMP Muhammadiyah Ambon kelas IX-3 dan dengan 1 guru pengampun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Data yang di peroleh dari hasil analisis data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang di peroleh di analisis menggunakan tahap Reduksi data (pemilihan data-data dan merangkum menjadi satu), Display data (menyajikan hasil penelitian), dan Verifikasi data (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan Upaya guru PAI mengatasi kesulitan belajar siswa kelas IX di SMP Muhammadiyah Ambon pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui: a) bimbingan belajar, b) remedial, c) pengayaan. Hal ini bersumber dari hasil wawancara dan observasi peneliti dengan guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IX SMP Muhammadiyah Ambon, dan di buktikan dengan hasil kuesioner yang di isi oleh siswa kelas IX-3, Mengenai upaya guru mengatasi kesulitan belajar, proses pembelajaran di kelas IX-3 ada salah satu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan guru. Setelah selasai jam mata pelajaran diwaktu istirahat, Ibu Regita Vita Cahyani memanggil siswa yang mengalami kesulitan pada proses pembelajaran ke-perpustakaan. Ibu Regita Vita Cahyani mengulang materi yang sudah dijelaskan pada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Pada murid yang terdeteksi mendapat nilai lebih rendah dari KKM, adanya melakukan remedial. Dan siswa yang terdeteksi mendapat nilai standar dari KKM, adanya melakukan pengayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Maimunah, M.A / Pembimbing II : Drs. Muslimin Kamil, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:17
Last Modified: 30 Jul 2025 03:17
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4692

Actions (login required)

View Item View Item