Analisis Komparatif Pemikiran Ibnu Tufail dan Jean Piaget Tentang Konsep Epistemologi dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam

Rumalutur, Ramina (2024) Analisis Komparatif Pemikiran Ibnu Tufail dan Jean Piaget Tentang Konsep Epistemologi dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (458kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan penulis tentang betapa pentingnya konsep epistemologi dalam pemikiran, maka muncul beberapa pemikiran dalam dunia pendidikan. Pemikiran umat Islam tentang pendidikan di zaman sekarang banyak mengadopsi pemikiran orang barat tanpa adanya filterisasi hingga banyak melupakan pemikiran umat Islam terdahulu padahal pemikiran yang di hasilkan umat Islam terdahulu yang masih sangat relevan. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus permasalahan adalah bagaimana pemikiran Ibnu Tufail dan Jean Piaget tentang konsep epistemologi Serta bagaimana perbandingan konsep epistemologi Ibnu Tufail dan Jean Piaget Apakah implikasinya dalam pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bersifat kepustakaan (Studi Pustaka) dengan Analisis komparatif. Dari penelitian tersebut, terungkap bahwa perbedaan yang mendasar antara Ibnu Tufail dan Jean Piaget adalah dalam memaknai intuisi sebagai sumber pengetahuan maupun sebagai alat, secara general konsep epistemologi keduanya memiliki keserupaan dalam aspek empiris. Ibnu Tufail lebih menekankan rasio bebas, belajar dengan konsep adaptasi, manusia sebagai subjek aktif yang tidak yang tidak tabularasa dan indera sebagai penangkap pengalaman awal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep epistemologi yang di susun oleh Jean Piaget itu tidak ada yang bertentangan dengan Islam sehingga perlu diadakan sintesa. Dari sintesa kedua konsep epistemologi tersebut muncul konsep epistemologi terpadu yang selaras, yaitu kumpulan konsep memperoleh pengetahuan yang bersumber dari wahyu, rasio, indera, naluri dan intuisi untuk mengetahui hakikat Al-Haqq dan beribadah kepada-Nya. Konsep epistemologi terpadu ini memberikan implikasi pada pendidikan agama Islam yang holistik, efektif, dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Saida Manilet, M. Pd. I / Pembimbing II : Nur Khozin , M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Ibnu Tufail Jean Piaget Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:05
Last Modified: 01 Aug 2025 01:05
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4712

Actions (login required)

View Item View Item