Pola Interaksi Guru Qur’an Hadits dan Peserta Didik dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Bacaan Al-Qur’an pada Peserta Didik Kelas XI MATQ Al-Anshor Ambon

Wagola, Rugaya (2024) Pola Interaksi Guru Qur’an Hadits dan Peserta Didik dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Bacaan Al-Qur’an pada Peserta Didik Kelas XI MATQ Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FILE _ 1 COVER.pdf

Download (471kB)
[img] Text
FILE _ 2 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (648kB)
[img] Text
FILE _ 3 BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (737kB)
[img] Text
FILE _ 4 BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
FILE _ 5 BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
FILE _ 6 BAB V PENUTUP.pdf

Download (140kB)
[img] Text
FILE _ 7 DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (901kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola interaksi guru Al-Qur’an Hadits dan peserta didik dalam upaya meningkatkan pemahaman bacaan al-Qur’an peserta didik kelas XI di MA Tahfidzul Qur’an Al-Anshor Ambon dan faktor pendukung dan penghambat pola interaksi guru Al-Qur’an Hadits dan peserta didik dalam upaya meningkatkan pemahaman bacaan al-Qur’an peserta didik kelas XI di MA Tahfidzul Qur’an Al-Anshor Ambon. Tipe penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 6 September sampai dengan 6 Desember 2024 di MATQ al-Anshor Ambon. Subjek penelitian adalah 2 orang guru al-Qur’an Hadits dan 3 orang peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1. Pola interaksi antara guru Qur’an Hadits dalam hal ini guru Al-Qur’an Hadits dan peserta didik meningkatan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di MA Tahfidzul Qur’an Al-Anshor Ambon adalah: a) Pola Interaksi Guru dengan siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadits di Kelas XI MA Tahfidzul Qur’an Al-Anshor Ambon diantaranya guru melakukan interaksi dengan pola satu arah, dua arah, tiga arah dan interaksi ke berbagai arah yang bertujuan agar aktivitas pembeljaran qur’an hadits menjadi lebih efektif. b. Pemahaman siswa MATQ Al-Anshor Ambon sudah berlangsung dengan baik dengan adanya pembiasaan tadarus sebelum berlangsungnya proses belajar mengajar. Pembiasaan ini akan melatih siswa untuk terampil membaca al-Qur’an sesuai ilmu tajwid; c) Guru menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi dan metode diskusi; dan d) Guru adalah sumber belajar di MATQ Al-Anshor Ambon, karena pengetahuan seorang guru adalah patokan dalam usaha memahamkan para siswanya. 2. Terdapat faktor pendukung dan penghambat. a. Faktor pendukung diantaranya: 1) Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, 2) Peran aktif dari guru dan teman peserta didik dan 3) Fasilitas yang memadai. b. Faktor penghambat diantaranya: 1) Kurangnya kedisiplinan peserta didik, 2) Kurangnya alokasi waktu belajar dan 3) Kurangnya kesadaran orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Djamila Laisaba, M.A/ Pembimbing II : Andi Rahmat Abidin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pola Interaksi, Guru Qur’an Hadits, kemampuan membaca al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Muthmainnah Raharusun
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:25
Last Modified: 05 Aug 2025 01:25
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4719

Actions (login required)

View Item View Item