Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Penerapan pembelajaran matematika berdiferensiasi sebagai upaya peningkatan berpikir logis siswa SMP Negeri 58 Maluku Tengah kelas VII di kawasan pesisir pada materi bilangan bulat

Lalonto,, Ayu (2024) SKRIPSI_Penerapan pembelajaran matematika berdiferensiasi sebagai upaya peningkatan berpikir logis siswa SMP Negeri 58 Maluku Tengah kelas VII di kawasan pesisir pada materi bilangan bulat. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran matematika berdiferensiasi adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mengakui bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar, minat, dan kemampuan yang berbeda-beda. Pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu mengembangkan pola berpikir logis, kritis, dan sistematis siswa dalam memahami materi matematika. Berpikir logis merupakan tindakan untuk menganalisis situasi dan menghasilkan solusi yang masuk akal. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir logis siswa SMP Negeri 58 Maluku Tengah kelas VII terkhususnya dikawasan pesisir. (2) untuk mengetahui efektivitas peningkatan pembelajaran diferensiasi produk sesuai dengan gaya belajar siswa. Tipe penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini menggunakan pengembangan dari model Kemis dan Mc.Taggat yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasing) dan refleksi (reflecting). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 58 Maluku Tengah dengan pengambilan sampel secara acak pada kelas VII SMP Negeri 58 Maluku Tengah sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes awal, lembar observasi guru dan siswa, dan soal tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa . Hal ini dilihat dari hasil kuantitatif yaitu nilai rata-rata tes dan kualitatif yaitu kemampuan berpikir logis siswa pada tiga indikator utama: keruntutan berpikir, kemampuan berargumentasi, dan penarikan kesimpulan. Pada hasil kualitatif kemampuan berpikir logis untuk indikator keruntutan berpikir dari prasiklus, siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan yang mencapai 12% sementara itu untuk indikator kemampuan berargumentasi peningkatan mencapai 10%, selanjutnya yang terakhir untuk indikator penarikan kesimpulan peningkatannya mencapai 8% dengan jumlah rata-rata berpikir logis prasiklus, siklus I dan siklus II yaitu 10,2 %. Pada pembelajaran matematika berdiferensiasi dari hasil kuantiatif yaitu nilai rata-rata tes dari prasiklus mencapai 49,73% kemudian terjadi peningkatan pada siklus I sebanyak 66,67% dikarenakan belum mecapai KKM yang diharapkan maka akan di lanjutkan dengan siklus II dan hasil yang diperoleh juga meningkat yakni menjadi 100%. Pembelajaran diferensiasi produk sesuai dengan gaya belajar siswa sangatlah efektif dalam proses pembelajaran. Hal ini di karenakan dilihat dari pemahaman dan cara yang paling sesuai dengan kemampuan mereka, minat dan gaya belajar siswa. Efektivitas pembelajaran diferensiasi produk berdasarkan gaya belajar siswa yaitu dapat meningkatkan ketertarikan siswa, mempermudah pemahaman materi, meningkatkan keterlibatan aktif siswa, mengasah kemampuan kolaborasi, meningkatkan rasa percaya diri siswa, dan mengurangi tingkat kesulitan konseptual. Kata Kunci : Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi, Berpikir Logis, Bilangan Bulat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd Pembimbing II: Syafruddin Kaliky, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Matematika
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 28 Nov 2025 05:10
Last Modified: 28 Nov 2025 05:14
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4807

Actions (login required)

View Item View Item