Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Kemampuan metakognitif siswa dalam menyelesaikan soal Open Ended pada materi barisan dan deret aritmatika

Efruan, Dwinda Yanti (2024) SKRIPSI_Kemampuan metakognitif siswa dalam menyelesaikan soal Open Ended pada materi barisan dan deret aritmatika. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (487kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (677kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan metakognitif adalah keterampilan siswa dalam mengatur proses berfikirnya. Pentingnya metakognisi bagi siswa dalam pembelajaran matematika sejalan dengan pentingnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah tersebut. Soal open-ended adalah masalah atau soal yang mempunyai banyak solusi atau strategi penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognitif siswa dalam menyelesaikan soal open ended pada materi barisan dan deret kelas VIII di SMP Cendikia Ambon.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa yang memiliki kemampuan metakognitif dari hasil tes dan dikonfirmasi melalui proses wawancara. Siswa yang diambil adalah siswa-siswi yang mampu memenuhi indikator kemampuan metakognitif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Adapun tempat penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Cendikia Ambon. Dan waktu penelitian dilakukan dari tanggal 23 Juli sampai dengan 23 Agustus 2024. Hasil penelitian dan pembahasan tentang Kemampuan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Dikelas VIII SMP Cendikia Ambon dapat disimpulkan bahwa siswa memenuhi indikator kemampuan metakognitif perencanaan, pemantauan dan penilaian. Pada indikator perencanaan, siswa dapat menyatakan apa yang diketahui dan ditanya dalam soal dan mampu memahami informasi-informasi penting dalam soal. Selanjutnya pada indikator pemantauan, siswa dapat menunjukan informasi yang dipantau dan dapat menerapkan konsep dengan benar. Selanjutnya indikator penilaian, siswa dapat menulis jawaban akhir dan yakin dengan jawban akhirnya. Kata Kunci: Kemampuan Metakognitif, Soal Open Ended, Barisan dan Deret Aritmatika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd Pembimbing II:Syafruddin Kaliky, M.Pd,
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 05 Dec 2025 08:31
Last Modified: 05 Dec 2025 08:31
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4812

Actions (login required)

View Item View Item