Search for collections on Repository UIN AM Sangadji Ambon

SKRIPSI_Pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon

Najar, Niken (2024) SKRIPSI_Pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
Halaman Awal.pdf

Download (811kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (438kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (438kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (611kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (345kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon dengan jumlah keseluruhan siswanya sebanyak 46, yang terdiri dari 25 laki-laki dan 21 perempuan. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Random Sampling. Sampel yang terpilih secara acak dalam penilitian ini yaitu sebanyak 20 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi Eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji-t Pooled Varians yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan uji-t Pooled Varians diperoleh nilai pada eksperimen adalah thitung = 5.2301 dan ttabel = 2.015 untuk taraf signifikan 5% dengan df = (n1 + n2 – 2) = (20 + 26 - 2) = 44. Sehingga berdasarkan kriteria pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test yaitu jika thitung ≥ ttabel (5.2301 ≥ 2.015) maka H0 ditolak atau H1 diterima, dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan. Hal ini menunjukkan penerapan metode make a match terhadap hasil belajar sangat baik. Nilai rata-rata pada eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 86.35 > 73.62. Hal ini menunjukkan penerapan metode make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan Kata Kunci: Make A Match, Hasil Belajar, Himpunan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Djaffar Lessy, M. Si Pembimbing II: Nani Sukartini Sangkala, M.Si.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 08 Dec 2025 08:12
Last Modified: 08 Dec 2025 08:12
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4813

Actions (login required)

View Item View Item