Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Persegi Panjang di MTs Nadil Ulumididniyah Ory Kabupaten Maluku Tengah

Latupono, Rahma Devi (2020) Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Persegi Panjang di MTs Nadil Ulumididniyah Ory Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku siswa secara nyata setelah dilakukan proses belajar mengajar yang sesuai tujuan pengajaran. Usaha yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran dengan menerapkan metode yang menarik seperti metode ceramah dan penugasan. Namun, hasil belajar yang diperoleh belum maksimal. Quantum teaching merupakan cara yang paling efektif dalam mengajar karena quantum teaching menawarkan ide baru tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang jauh lebih baik serta yang menjanjikan bagi siswa dan mendukung mereka dalam proses pembelajaran agar tidak ada siswa yang bersifat pesimis karena diberi kesempatan yang sama dalam setiap tahap belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi persegi panjang di MTs Nadil Ulumiddiniyah Kabupaten Maluku Tengah melalui penerapan model pembelajaran quantum teaching. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK berguna untuk meningkatkan profesionalisme guru, penelitian dilaksanakan selama 1 bulan terhitung pada tanggal tanggal 15 Januari 2020 - 15 Februari 2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Nadilumidiniyah Ory Kabupaten Maluku Tengah. Teknik analisis data merunjuk pada analisis data hasil observasi dan data hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi persegi panjang di MTs Nadil’Ulumunidiyah Ory Kabupaten Maluku Tengah. Hal ini dapat dilihat sebelum menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran matematika dari 25 siswa terdapat 2 siswa (8%) yang tuntas, dan 23 siswa (92%) tidak tuntas. Selanjutnya dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I yang tuntas 9 siswa (36%), sedangkan yang belum tuntas 16 siswa (64%). Pada siklus II yang tuntas 18 siswa (72%), dan yang tidak tuntas 7 siswa (28%). Dari data diatas terjadi peningakatan dari data awal, siklus I, dan siklus II terjadi peningkatan 16 siswa (64%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. M. Rijal, M.Pd / Syafruddin Kaliky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Hasil Belajar, Persegi Panjang
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 26 Nov 2020 03:17
Last Modified: 26 Nov 2020 03:17
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item