Pengaruh Fasilitas dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII di MTs Hasyim Asy'ary Ambon

Solissa, Bambang (2020) Pengaruh Fasilitas dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII di MTs Hasyim Asy'ary Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB 1,3,5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Fasilitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII Mts Hasyim Asy’ari Ambon 2019/2020. Besar Pengaruh Fasilitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas VIII Di Mts Hasyim Asy’ari Ambon 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Hasyim Asy’ari Ambon, dengan jumlah siswa 27 orang siswa. Pada hasil penelitian ini peneliti membagikan angket untuk dikerjakan oleh siswa. Hasil angket yang diisi oleh siswa diuji mengunakan uji instrumen (validasi) untuk mengetahui hubungan dan kevaliditaan. Dari hasil pengujian angket pada 25 item angket untuk variabel X_1 (Fasilitas belajar) terdapat 24 item valid dan 1 item tidak valid yaitu intem 17. Sedangkan hasil pengujian angket pada 25 item angket variabel X_2 (motivasi belajar) terdapat 24 item valid dan 1 item tidak valid yaitu item 23. selanjutnya data diolah oleh peneliti untuk mencari uji f dan diketahui nilai fasilitas belajar t_hitung= 22,419 dan motivasi belajar t_hitung= 22,041 dikongsultasikan pada t_tabel dengan N = 26 taraf singnifikan 5% maka t_tabel= 2,056 karena nilai fasilitas belajar dan motivasi belajar t_hitung > 〖 t〗_tabel (22,419 dan 22,041 > 2,056) sehingga hipotesis diterima. Ini berarti bahwa ada Pengaruh fasilitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelas VIII Di Mts Hasyim Asy'ary Ambon. Dengan besar pengaruh fasilitas dan motivasi belajar nilai F_hitung = 502,624 Dan nilai signifikan (000). Besarnya koefisien determinasi untuk variabel fasilitas belajar (X_1) dan motivasi belajar (X_2) terhadap hasil belajar (Y) Matematika siswa sebesar (R) = 953 atau 95,3% hasil ini mengindikasi bahwa variabel fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sisiwa sebesar 95,3% dan sisanya 4,7% di pengaruh oleh variabel lain misalnya minat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr Samad Umarella, M.Pd / Nurlaila Sehuwaky M.Pd
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 01 Dec 2020 05:11
Last Modified: 01 Dec 2020 05:11
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item