Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Keliling dan Luas Persegi Panjang dan Persegi di Kelas VII SMP Negeri 6 Kairatu

Said, Alwiya Kasim (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Keliling dan Luas Persegi Panjang dan Persegi di Kelas VII SMP Negeri 6 Kairatu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

TPS (Think Pair Share) adalah salah satu jenis pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) terhadap berpikir kreatif siswa pada materi keliling dan luas persegi panjang dan persegi di kelas VII SMP Negeri 6 Kairatu dan berapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas persegi panjang dan persegi di kelas VII SMP Negeri 6 Kairatu. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kairatu yang berjumlah 60 orang yang terdiri atas dua kelas. Sampel yang diambil dengan teknik cluster sampling (pengambilan secara acak) dengan cara diundi, sehingga yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas VIIb dengan jumlah siswa 30 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes, dan Angket. Variabel yang digunakan yaitu variabel X (Bebas) yakni model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan variabel Y (terikat) yakni berpikir kreatif siswa pada materi keliling dan luas persegi panjang dan persegi. Selanjutnya hasil pengumpulan data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan kemudian analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas persegi panjang dan persegi di kelas VII SMP Negeri 6 Kairatu, berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis (uji t) thitung = 10,382 dan ttabel dengan db = 28 pada taraf signifikan 5% = 2,048 karna thitung lebih besar dari ttabel (10,382 > 2,048) maka H0 ditolak H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap hasil belajar siswa pada materi kelling dan luas persegi panjang dan persegi di kelas VII SMP Negeri 6 Kairatu, dengan pengaruh sebesar 79,4% dan sisanya 20,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar regresi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nur Afriani Nukuhaly M.Pd, / Syafruddin Kaliky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share), Hasil Belajar, Persegi Panjang
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:04
Last Modified: 06 Jan 2021 03:04
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item