Deskriptif Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran “Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Kubus Kelas VIII MTs Al-Islah Kailolo

Marasabessy, Nurnanengsih (2020) Deskriptif Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran “Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Kubus Kelas VIII MTs Al-Islah Kailolo. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi kubus dikelas VIII MTs. Al- Islah Kailolo. Tipe penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Penilitian deskriptif menjelaskan tentang gambaran apa adanya hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi kubus di kelas VIII MTs.Al-Islah Kailolo. Tipe penelitian ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa materi kubus dengan menggunakan model pembelajan kooperatif tipe Numbered Head Toghether (NHT). Subjek Penelitian yang diambil dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIII yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal, tes akhir dan lembaran observasi. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis dan observasi. Teknik analisis data adalah hasil tes siswa dan hasil observasi sikap dan keterampilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Al-Islah Kailolo setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu rata-rata nilai tes akhir adalah 81,59. Dengan kategori sangat baik nilai rata-rata penilaian aktifitas siswa berada pada kategori cukup memuaskan yaitu 56,44. Sedangkan nilai rata-rata penilaian aktifitas ketrampilan siswa berada pada kategori terampil yaitu 66,67

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Kasliyanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar.
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 06 Jan 2021 06:31
Last Modified: 06 Jan 2021 06:31
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item View Item