Jailan, Miranti (2020) Pengaruh Pembelajaran Daring (E-Learning) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Koordinat Kartesius di SMP Negeri 45 Buru. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (1MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pembelajaran daring terhadap hasil belajar kognitif siswa, (2) besar pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat kartesius di SMP Negeri 45 Buru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel pada penelitian merupakan sampel populasi dimana seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 27 siswa dijadikan sebagai sampel. Teknik pengambilan data menggunakan soal pre test dan soal post test. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang telah diberikan kepada siswa. Hasil uji paired sampel t test menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pembelajaran daring terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan signifikansi sebesar 0,000<0,05. Terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada materi sistem koordinat kartesius di SMP Negeri 45 Buru sebesar 72,25% dan sisanya 27,75% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran daring berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Muhammad Rijal, M.Pd / Kasliyanto, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Kognitif. |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fuad Umarella |
Date Deposited: | 19 Jun 2021 21:11 |
Last Modified: | 19 Jun 2021 21:11 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1103 |
Actions (login required)
View Item |