Berpikir Analogi Siswa Berdasarkan Level Penalaran Geometri

Jafria, La (2020) Berpikir Analogi Siswa Berdasarkan Level Penalaran Geometri. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berpikir analogi adalah proses penarikan kesimpulan dalam menyelesaikan masalah target dengan menggunkan masalah sumber dan membandingkan dua hal yang berbeda dengan hanya memperhatikan kesamaannya. Sementara penlaran geometri adalah penalaran yang terjadi dalam lima tahap yaitu tahap penganalan, analisis, pengurutan, deduksi dan akurasi (rigor). Dalam penelitian ini peneliti lebih memfokuskan pada penalaran geometri level rigor. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan berpikir analogi siswa berdasarkan level penalaran geometri. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-Mia 2. Yang berjumlah 2 orang dari 4 siswa yang direkomendasikan. Instrument dalam penelitian ini adalah soal tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang memenuhi penalaran geometri khususnya pada tahap rigor mampu memenuhi keempat indikator dalam berpikir analogi yaitu encoding dimana siswa dapat mengidentifkasi setiap bentuk analogi dengan pengkodean karakteristik pada masing-masing masalah, Inferring dimana siswa dapat mencari hubungan dintara unsur-unsur yang diketahui pada masalah sumber, Mapping dimana siswa dapat menghubungkan masalah sumber dan masalah target dengan membangun hubungan penarikan kesimpulan pada kesamaan hubungan. Applying dimana siswa memilih jawaban yang cocok untuk melengkapi analogi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd. / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Geometri
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 15 Mar 2021 01:32
Last Modified: 15 Mar 2021 01:32
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item View Item