Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dengan Menggunakan Teori APOS Pada Materi Himpunan

Leuly, Masita Apriani (2020) Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dengan Menggunakan Teori APOS Pada Materi Himpunan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan “peningkatan kemampuan representasi matematis dengan menggunakan teori APOS pada materi himpunan”. Jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian deskriptif kualitatif. Yang dilaksanakan di SMP PGRI Wolu kabupaten maluku tengah dari tanggal 03 Agustus sampai dengan 03 September 2020. Subjek penilitian ini adalah siswa kelasVIIaSMP PGRI Wolu yang berjumlah10 orang yang kemudian akan di berikan tes pertama, dan setelah selesai tes pertama diberikan lagi tes kedua dan tes ketiga mendapatkan 2 siswa yang menjawab benar sesuai indikator representasi matematis dengan teori APOSdengan cara menggunakan think aloud, untuk siswa pertama (S1) dan siswa kedua (S2). Setelah menyelesaikansoal, kemudian dari 2 orang yang menjawab benar tersebutpeneliti melakukan wawancarauntuk memastikan bahwa jawaban subjek ketika menjawab pertanyaan sama dengan hasil pekerjaannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan representasi matematis dengan teori APOSpada materi himpunanmemenuhi indikator representasi matematis dengan teori APOS, dimana siswa S1 yang menjawab benar dari menyelesaikan masalah pembuktian dan memiliki tahap penyelesaian yang lengkap serta memenuhi indikator tersebut. Ketika proses pembuktian dalam memahami apa yang ditanyakan dalam soal, apa yang diketahui dalam soal, penyelesaian jawaban, membuktikan hasil jawaban dan menarik kesimpulan yang dapat di katakan baik. Sedangkan kemampuan representasi matematis dengan teori APOS pada S2 memiliki tahappenyelesaian yang berbeda, karena dari hasil akhir keduanya memiliki tahap akhir yang berbeda, Dan dapat memenuhi 2 karateristik kemampuan representasi matematis dengan teori APOS. Proses pembuktian dalam memahami apa yang ditanyakan dalam soal, apa yang diketahui dari soal, penyelesaian jawaban, dan menarik kesimpulan yang dapat di katakan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd. / Pembimbing II : Nurlaila Sehuwaky, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Teori APOS, Himpunan, Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:11
Last Modified: 15 Apr 2021 02:11
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item