Zubaeda, Ena (2020) Defragmenting Struktur Berpikir Siswa Dalam Mengonstruksi Konsep Matematika Pada Materi Aljabar. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Defragmenting adalah proses penataan ulang struktur berpikir pada siswa ketika melakukan kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematikan. Defragmentasi struktur berpikir sangat penting untuk dilakukan terutama untuk memperbaiki kesalahan konstruksi konsep dan pemecahan masalah matematika. Untuk memperbaiki atau mendefrag struktur berpikir yang salah diakukan dengan cara disequilibrasi, conflict cognitive, serta scaffolding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Defragmenting Struktur Berpikir Siswa Dalam Mengonstruksi Konsep Matematika Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Di Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Tipe penelitian yang menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan utama mendeskripsikan defragmenting struktur berpikir siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon dalam mengonstruksi konsep matematika pada materi faktorisasi suku aljabar. Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan terhitung pada tanggal 24 Februari sampai 24 Maret 2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Teknik analisis data merunjuk pada reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa struktur berpikir dalam mengonstruksi konsep matematika pada faktorisasi suku aljabar, siswa dapat dikategorikan ke dalam dua kelompok yaitu kelompok dengan jenis kesalahan konseptual dan kelompok dengan jenis kesalahan prosedural. Defragmenting yang diberikan peneliti kepada siswa yang melakukan kesalahan konseptual cukup dengan menciptakan disequlibrasi dan memberikan scaffolding. Sementara itu, untuk siswa yang melakukan kesalahan prosedural, defragmenting yang dilakukan peneliti adalah dengan menciptakan disequilibrasi, memberikan conflict cognitive, dan scaffolding. Pemberian defragmenting pada siswa dengan menciptakan disequilibrasi, memberikan conflict cognitive, dan scaffolding dapat membantu siswa memperbaiki struktur berpikirnya dalam konsep matematika pada materi faktorisasi suku aljabar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd. / Pembimbing II : Syafruddin Kaliky, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Aljabar |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 03:45 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 03:45 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1210 |
Actions (login required)
View Item |