Tuhuteru, Ariati (2021) Pengaruh Alat Peraga Komat (Kotak Matriks) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Determinan Matriks Pada Kelas XI MIA SMA Negeri 17 Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (1MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga komat (kotak matriks) terhadap hasil belajar siswa materi determinan matriks kelas XI MIA SMA Negeri 17 Seram Bagian Barat. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Eksperimen yang dilakukan di kelas XI MIA SMA Negeri 17 Serama Bagian Barat tahun pelajaran 2021 dengan jumlah siswa sebanyak 46 siswa. Dalam penelitian ini terdapat 2 kelas sampel yaitu kelas eksprimen dan kelas kontrol. Peneliti akan memberikan perlakuan (treatment) pembelajaran dengan menggunakan alat peraga kotak matriks kepada kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol diberi perlakuan yang berbeda yaitu dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis uji Hasil uji t menunjukan bahwa diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Selain itu, nilai rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan alat peraga kotak matriks lebih besar dari hasil belajar siswa kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional yakni 67,61 >62,39. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan alat peraga kotak matriks dapat berpengaruh pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 17 Seram Bagian Barat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Nurlaila Wattiheluw, M.Pd / Pembimbing II : Dinar Riaddin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Alat peraga, Hasil belajar, Determinan matriks |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Fuad Umarella |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 05:01 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 05:01 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1212 |
Actions (login required)
View Item |