Penerapan Model Pembelajaran Problem Soving untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII MTs Nurul Ikhlas Ambon

Wokas, Sahadia (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Soving untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII MTs Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran problem solving adalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan ketrampilan dalam memecahkan masalah yang diikuti dengan penguatan ketrampilan itu sendiri. Sementara minat belajar adalah keinginan yang kuat atau kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu dalam mendukung perilaku siswa untuk belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran problem solving (pemecahan masalah) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Nurul Ikhlas Ambon?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa melalui model pembelajaran problem solving pada materi himpunan di kelas VII MTs Nurul Ikhlas Ambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang mana dalam satu siklus ada empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah angket minat dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran problem solving pada materi himpunan dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII MTs Nurul Ikhlas Ambon. Hal ini ditunjukkan dengan minat belajar siswa pada pra siklus masih berada pada predikat kurang yaitu sebanyak 12 siswa dari 20 siswa. Namun setelah mendapatkan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem solving pada siklus I, minat belajar siswa meningkat pada kategori cukup yakni sebanyak 17 siswa dari 20 siswa Pada pembelajaran siklus II minat belajar siswa kembali mengalami peningkatan dari siklus I pada kategori cukup menjadi baik dan sangat baik yakni pada kategori sangat baik sebanyak 9 siswa dan pada kategori baik sebanyak 11 siswa dari 20 siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Solving, Minat Belajar Siswa, Himpunan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nurlaila Wattiheluw, M. Pd / Pembimbing II : Kasliyanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Solving Minat Belajar Himpunan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 06 Apr 2020 00:57
Last Modified: 06 Apr 2020 00:57
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item