Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII SMP N 6 Leihitu Satu Atap Kabupaten Maluku Tengah

Upu, Muhammad Sidin La (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII SMP N 6 Leihitu Satu Atap Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tinggi rendahnya suatu hasil belajar siswa menjadi tolak ukur dalam keberhasilan pembelajaran yang dilakukan guru serta tercapainya tujuan pendidikan. penerapan sebuah desain pembelajaran yang selaras dengan kebutuhan siswa dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini menjadi kunci utama seorang guru dalam mendukung kemajuan belajar siswa. Penerapan metode pembelajaran Inquiry adalah salah satunya. Metode pembelajaran Inquiry yang memiliki desain perencanaan yang sistematis dalam penerapannya mampu mendorong siswa belajar secara efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar matematika siswa pada aspek kongnitif, afektif dan psikomotorik dengan penerapan metode pembelajaran Inquiry siswa kelas VII SMP Negeri 6 Leihitu Satu Atap Kabupaten Maluku Tengah. Tipe penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 6 Leihitu Satu Atap Kabupaten Maluku Tengah yang berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitaf. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pada aspek kongnitif, afektif dan psikomotorik dengan penerapan metode Inquiry dilihat dari aktivitas dan hasil tes siswa sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I peningkatan aktivitas dan hasil tes siswa pada aspek kongnitif, afektif dan psikomtorik belum terlaksana dengan baik hal ini ditunjukkan berdasarkan tabel aktivitas siswa kelas VII dengan presentasi terlaksana 25%, kurang terlaksana 55%, dan tidak terlaksana 20% dengan perolehan nilai rata-rata siswa 67,10. Tetapi, pada siklus II telah terjadi peningkatan pada aktivitas dan hasil tes siswa. Berdasarkan tabel aktivitas siswa kelas VII dengan presentasi terlaksana dengan sangat baik 25%, terlaksana dengan baik 65%, terlaksana 10%, dengan perolehan nilai rata-rata siswa sebesar 85,76 dan telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal dan individu. Hasil tabel presentasi aktivitas siswa pada siklus II menunjukan aktivitas pembelajaran matematika dengan penerapan metode pembelajaran Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa sudah terlaksana dengan baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika materi persegi panjang dan persegi siswa kelas VII SMP N 6 Leihitu Satu Atap Kabupaten Maluku Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Afriani Nukuhaly, M. Pd / Pembimbing II : Rusmin Madia, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Inquiry, Persegi
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 28 May 2021 06:54
Last Modified: 28 May 2021 06:54
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item