Analisis kesalahan berpikir pseudo siswa dalam mengkonstruksikan konsep limit fungsi pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri 11 Ambon

Sopamena, Patma (2018) Analisis kesalahan berpikir pseudo siswa dalam mengkonstruksikan konsep limit fungsi pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri 11 Ambon. Other. Prosiding SEMNAS Matematika & Pendidikan Matematika, Ambon.

[img] Text
Analisis kesalahan.pdf

Download (981kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menelusuri terjadinya kesalahan berpikir pseudo siswa dalam mengonstruksi konsep matematika pada materi limit fungsi dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesalahan berpikir pseudo siswa dalam mengonstruksi konsep limit fungsi secara kualitatif. Dalam hal ini untuk menjawab masalah “bagaimana terjadinya kesalahan berpikir pseudo siswa dalam mengonstruksi konsep limit fungsi”. Eksplorasi secara kualitatif juga dimaksudkan untuk menggambarkan proses konstruksi sedemikian hingga bisa terjadi kesalahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 11 Ambon yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 72 orang. Selanjutnya dari 72 orang siswa, kemudian diberikan soal tes essay dan diminta diselesaikan dengan think alouds dan diberikan wawancara kepada setiap siswa satu-persatu sampai informasi yang dibutuhkan mencukupi dan mencapai titik jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) S1 dalam proses mengonstruksi konsep limit fungsi, S1 memenuhi indikator berpikir pseudo- benar, yaitu S1 mampu memberikan jawaban yang benar namun alasan yang diberikan salah dan (2) S2 juga memenuhi indikator berpikir pseudo-salah, yaitu S2 memberikan jawaban yang salah, namun setelah dilakukan refleksi S2 mampu memperbaikinya menjadi jawaban yang benar.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: Pendidikan Matematika
Penelitian Dosen
Divisions: Jurnal
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 05 Nov 2021 00:53
Last Modified: 05 Nov 2021 00:53
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item