Pengaruh Penerapan Teori Belajar Van Hiele Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar di Kelas VII SMP Muhammadiyah Mamala Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

Malawat, Siti Halija (2021) Pengaruh Penerapan Teori Belajar Van Hiele Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar di Kelas VII SMP Muhammadiyah Mamala Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan diadakan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Penerapan Teori Belajar Van Hiele Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP Muhammadiyah Mamala Kecematan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah‟. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII pada SMP Muhammadiyah Mamala Barat yang terdiri dari 42 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-A yang berjumlah 25 orang yang di lakukan dengan cara Random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah Variabel dalam penelitian ini di bedakan menjadi dua yaitu variable bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah teori beljar Van Hiele (X) dan Variabel terikat dalam penelitian adalah hasil belajar siswa pada materi bangun datar segiempat (Y). Data hasil penelitian yang diperoleh dengan rata-rata skor pencapaian tes awal 100% dan berada pada kualifikasi gagal, aspek afektif 32% berada pada kualifikasi sangat baik, 8% berada pada kualifikasi sangat baik, 32% berada pada kualifikasi sangat cukup, dan 28% berada pada kualifikasi gagal. Aspek psikomotor 24 % berada pada kualifikasi sangat baik, 8% berada pada kualifikasi sangat baik, 8% berada pada kualifikasi sangat baik, tes formatif 30 % berada pada kualifikasi sangat baik dan 56 % berada pada kualifikasi cukup dan 12% berada pada kualifikasi gagal. Pada aspek kognitif diperoleh 24% berada pada kualifikasi baik, dan 76 % berada pada kualifikasi sangat cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan Ada pengaruh dari pembelajaran dengan menggunakan teori belajar Van Hiele terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar kelas VII SMP Muhammadiyah Mamala Kec. Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, Besar pengaruh teori belajar Van Hiele terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar kelas VII SMP Muhammadiyah Mamala Kec. Leihitu Kabupaten Maluku Tengah sebesar 14,31%, sedangkan 85,69% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd / Pembimbing II : Dinar Riaddin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Teori Belajar Van Hiele, Bangun Datar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 18 Nov 2021 01:16
Last Modified: 18 Nov 2021 01:16
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item