Pengembangan Video Pembelajaran Materi Himpunan Yang Berintegrasi Keislaman Pada Siswa Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon

Lisdiyanti, Indah (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Materi Himpunan Yang Berintegrasi Keislaman Pada Siswa Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
INDAH LISDIYANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu hal penting dalam menunjang pembelajaran, media pembelajaran adalah suatu alat dan bahan yang digunakan untuk tujuan pendidikan. Video pembelajaran adalah multimedia yang memiliki unsur-unsur yang meliputi suara, gambar, gerak dan teks. Integrasi keislaman adalah pembauran antara ilmu umum (matematika) dengan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan video pembelajaran materi himpunan yang berintegrasi keislaman yang layak digunakan pada siswa kelas VII MTs Hasyim Asy‟ari Ambon. Penelitian ini menggunakan model research and development (R&D) dengan medel yang digunakan yakni Borg and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono. Tahapan penelitian tersebut meliputi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hasyim Asy‟ari Ambon. Instumen yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri atas instumen penguji kevalidan berupa lembar validasi oleh ahli serta angket respon penggunan video oleh siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis kelayakan video pembelajaran oleh ahli media menunjukkan persentase ahli 98% atau dengan katagori sangat layak sehingga sudah dapat digunakan dengan sedikit revisi. sementara hasil kelayakan ahli materi dan ahli tentang integrasi keislaman memenuhi katagori tinggi dengan perolehan presentasi nilai 77% .sedangkan pada tingkat uji coba respon guru mata pelajaran memperoleh presentase nilai 100% dengan katagori sangat layak.sementara respon siswa pada uji skala kecil 93%, dan respon siswa pada uji skala besar mencapai presentase 90%. Hasil persentase uji coba produk maka dapat dikatakan bahwa video pembelajaran materi himpunan berintegrasi keislaman sangat layak digunakan di MTs Hasyim Asy‟ari Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I, M.Pd / Dinar Riadin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Pemebalajaran, Kelayakan, Himpunan
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:23
Last Modified: 14 Dec 2021 01:23
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1869

Actions (login required)

View Item View Item