Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Latihan pada Materi Peluang Kelas X SMA Negeri 16 Maluku Tengah

Angkotasan, Sri (2021) Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Latihan pada Materi Peluang Kelas X SMA Negeri 16 Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SRI ANGKOTASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Matematika adalah pola berpikir, pola mengorganisikan pembuktian yang logis. Matematika adalah pengetahuan struktur yang terorganisaso, sifat-sifat atau teori dibuat secara deduktif. Fenomena yang terjadi pada SMA Negeri 16 Maluku Tengah adalah para guru cenderung menilai hasil akhir dari proses penyelesaian soal-soal latihan matematika, tetapi kurang melihat proses pemecahan masalah dan proses berpikir yang digunakan siswa sehingga sampai pada kesimpulan tertentu. Oleh karena itu diperlukan suatu studi tentang bagaimana proses pemecahan masalah matematika dan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Berpikir Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Maluku Tengah dalam Menyelesaikan Soal Latihan pada Materi Peluang. Tipe penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian berlangsung dari tanggal 05 Januari sampai dengan 05 Februari 2021. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang siswa yang menjawab benar dan diambil berdasarkan tingkat kepandaiannya yang diantaranya 1 subjek yang memiliki proses berpikir konseptual (TT). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti, soal tes, dan wawancara. Dengan teknik pengumpulan data yaitu pelaksanaan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa proses berpikir siswa kelas X SMA Negeri 16 Maluku Tengah dalam menyelesaikan soal latihan pada materi peluang yaitu pada subjek TT, mampu menjawab soal tes yang di berikan dan memenuhi karakteristik proses berpikir. Karakteristik proses berpikir dalam penelitian ini terdiri dari proses berpikir yakni proses berpikir konseptual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Patma Sopamena, M.Pd / Rusmin Madia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2021 01:33
Last Modified: 14 Dec 2021 01:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item