Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor Kelas X MIA IV MA Negeri Ambon

Rewanata, Ismail (2021) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor Kelas X MIA IV MA Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ISMAIL REWANATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) merupakan model pembelajaran kooperatif, dimana siswa ditetapkan dalam tim belajar kelompok beranggotakan 4 sampai 6 siswa secara heterogen baik jenis kelamin, kecakapan dan kinerja. Setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda yang dimana siswa memiliki kemampuan yang tinggi sedang dan rendah. Hasil belajar merupakan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaru dan berapakah besar pengaruh model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi vektor kelas X MIA IV MA Negeri Ambon. Tipe penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan di MA Negeri Ambon selama 1 bulan, yaitu pada Rabu, 24 Maret 2021 sampai Saptu, 24 April 2021. Dari semua siswa kelas X MIA siswa di ambil hasil belajar siswa kelas X MIA, di ambilkan sampel penelitian, yaitu pada kelas X MIA IV dengan jumlah siswa 16 siswa. Pada awalnya diberikan tes awal (pre test) untuk mentukan kelompok yang heterogen. Setelah tes awal (pre test), diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), dan setelah pemebelajaran, diberikan tes akhir (post test) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi vektor setelah belajar menggunakan model pembelajar Team Assisted Individualization (TAI). Berdasarkan hasil belajar siswa menunjukan bahwa terdapat pengaru model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA MA Negeri Ambon. Dan berdasarkan hasil pembelajaran tersebut siswa kelas X MIA MA Negeri Ambon memiliki nilai rata-rata sebesar 92 dan nilai ketuntasan klasikal 93,75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Fahruh Juhaevah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 14 Dec 2021 02:10
Last Modified: 14 Dec 2021 02:10
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item View Item