Penerapan Relaksasi Atensi Dalam Meningkatkan Literasi Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa SMP Negeri 12 Huamual

Basami, Mudafar Syah (2021) Penerapan Relaksasi Atensi Dalam Meningkatkan Literasi Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa SMP Negeri 12 Huamual. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Relaksasi Atensi adalah sebuah teknik untuk merelaksasikan fisik maupun batin (pikiran). Implikasi dari relaksasi atensi disusun dengan pendekatan ketenagan perhatian agar siswa dapat meningkatkan konsenterasi belajar dan perhatian terhadap pembelajaran. Pembelajaran matematika yang merupakan bagian penting dari proses pendidikan disekolah, diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berfikir dan bertindak. Literasi matematika merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan literasi matematika menekan pada kemampuan sisiwa untuk menganalisis, memberi alasan dan mengkomunikasikan ide secara efektif pada pemecahan masalah yang mereka temui. Literasi matematika siswa dikatakan baik apabila ia mampu merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Tipe penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dimaksudkan untuk meningkatkan literasi matematika dengan menggunakan relaksasi atensi pada materi aritmatika sosial. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas VII SMP Negeri 12 Huamual dengan rincian 6 siswa laki-laki dan 10 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, angket dan soal tes sesuai standar ketuntasan literasi matematika yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan relaksasi atensi dalam meningkatkan literasi matematika pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII SMP Negeri 12 Huamual dengan meningkatnya nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 63,06 dengan persentase 6,25% meningkat pada tes siklus I menjadi 25% dengan nilai rata-rata 73,5 dan pada sisklus II meningkat menjadi 81,69 dengan persentase 43,32%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M. Pd / Pembimbing II : Nurlaila Sehuwaky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Literasi, Matematika, Aritmatika Sosial
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:43
Last Modified: 06 Jan 2022 02:43
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item