Nurbadariah, Jainun (2021) Kemampuan Spasial Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I.III.V.pdf Download (2MB) |
|
Text
JAINUN NURBADARIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan spasial adalah kemampuan untuk menangkap dan memahami suatu objek atau sebuah ruang yang dia lihat secara langsung kemudian mampu mengubah objek atau benda tersebut kedalam bentuk gambar atau sketsa geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi lengkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 12 Huamual Seram Bagian Barat dengan menggunakan instrumen berupa soal tes dan wawancara kemudian diambil 2 siswa sebagai subjek yang memenuhi indikator kemampuan spasial. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa kelas IX SMP Negeri 12 Huamual memiliki kemampuan spasial, hal ini dapat diketahui dimana semua indikator kemampuan spasial terpenuhi, yakni : Visualisasi Spasial yaitu siswa mampu mengubah suatu objek ke dalam bentuk yang berbeda dan menentukan wujud perubahan suatu objek tiga dimensi ke dalam dua dimensi (mengubah gambar bangun ruang yang ada dalam soal), Orietasi Spasial dimana siswa mampu menentukan wujud suatu objek bila dilihat dari arah yang berbeda dan Relasi Spasial dimana siswa mampu menentukan hubungan suatu objek dengan objek lainnya melalui bagian-bagian dari suatu objek tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I.,M.Pd / Fahruh Juhaevah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan spasial, penyelesaian masalah, bangun ruang sisi lengkung |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 06:01 |
Last Modified: | 06 Jan 2022 06:01 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2110 |
Actions (login required)
View Item |