Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Patty, Quraisin (2021) Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Quraisin Patty.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Flipped learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Kairatu dengan jumlah siswa 44 orang, penelitian ini terhitung dari tanggal 24 Agustus sampai dengan 24 September. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes pemecahan masalah berupa soal essay pretest-posttest dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif meliputi : Analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran flipped learning lebih tinggi dari pada siswa yang di ajar dengan model pembelajaran langsung. Kesimpulan hasil penelitian adalah penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 6 Kairatu terkait pengaruh penerapan model flipped laerning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi barisan dan deret aritmatika diperoleh informasi bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan model flipped learning lebih baik dalam hal pemecahan masalah siswa jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hal-hal mendasari adalah perbedaan N-Gain pada kedua kelas dengan rata-rata N-Gain pada kelas yang diajar dengan model flipped learning sebesar 0.72, dibandingkan rata-rata N-Gain pada kelas yang diajar dengan model pembelajaran langsung sebesar 0.36. Selain itu, terdapat pengaruh signifikan penerapan model flipped learning terhadap pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M.Pd / Fahruh Juhaevah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: model flipped learning, pemecahan masalah siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 01 Mar 2022 23:18
Last Modified: 01 Mar 2022 23:18
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item View Item