Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) padaMateri Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas X-Mia SMA LKMD Laha

Halim, Nazma (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) padaMateri Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas X-Mia SMA LKMD Laha. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
NAZMA HALIM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tipe penelitian ini menggunakan penelitian PTK, penelitian ini dilakukan di SMA LKMD Laha Ambon selama 1 bulan, yaitu pada tanggal 23 Januari – 23 Februari 2019. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan minat matematika siswa di kelas X-Mia SMA LKMD Laha Ambon. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-Mia SMA LKMD Laha Ambon dengan jumlah siswa 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa pada kelas X-Mia SMA LKMD Laha. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan observasi siswa dari siklus I ke siklus II yang dimana pada siklus I masih dalam kategori kurang, karena masih kurangnya perhatian siswa terhadap guru, saat membahas contoh soal ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan, masih kurangnya kerjasama dalam kelompok, masih kurangnya keberanian dalam mengemukakan pendapat, masih kurangnya keberanian dalam bertanya, masih kurangnya keaktifan siswa dalam melakukan permainan, dan masih kurangnya siswa yang membuat rangkuman dan tugas, sedangkan pada siklus II sudah dalam kategori baik, karena mulai adanya perhatian siswa terhadap guru, saat membahas contoh soal sebagian besar siswa memperhatikan, adanya kerjasama dalam kelompok, sebagian besar siswa sudah menyampaikan pendapat serta memberikan pertanyaan terkait materi yang tidak dimengerti, dan keaktifan siswa dalam permainan. Dan peningkatan persentase minat peserta didik dari pra siklus ke siklus , terlihat bahwa minat siswa pada pra siklus dengan presentase sebesar 57,14% dengan kategori kurang berminat. Sedangkan hasil angket setelah siklus dilakukan dimana minat siswa meningkat menjadi 99,99% dengan kategori sangat berminat (berdasarkan hasil angket). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan minat belajar matematika peserta didik pada kelas X-Mia SMA LKMD Laha Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Nurlaila Wattiheluw, M.Pd. / Syafruddin Kaliky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kooperatif, Teams Games Tournaments (TGT), Minat Belajar Siswa, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:17
Last Modified: 02 Mar 2022 06:17
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item