-, Riska (2021) Proses Berpikir Analogi Dalam Menyelesaikan Soal Limas Pada Siswa Kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I.III.V.pdf Download (3MB) |
|
Text
RISKA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Analogi adalah suatu proses berpikir untuk memperoleh kesimpulan dengan menggunakan kesamaan sifat dan struktur dari hubungan suatu hal yang baru dengan suatu hal yang telah diketahui sebelumnya yang pada dasarnya berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir analogi siswa dalam memecahkan masalah matematika pada soal limas kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Ambon. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 2 orang dari 5 siswa yang direkomendasikan. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes dan pedoman wawancara. Teknis analisis data menggunakan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang memenuhi penalaran analogi mampu memenuhi keempat indikator dalam berpikir analogi yaitu Encoding mengidentifikasi masalah sumber dan maalah target dengan mencari ciri-ciri atau struktur masalahnya, Inferring mencari keterkaitan yang terdapat pada maalah sumber atau dikatakan mencari hubungan “low order”, Mapping mencari keterkaitan antara masalah sumber dengan masalah target dalam hal membangun kesimpulan dari kesamaan hubungan antara masalah, Applying melakukan pemilihan jawaban yang cocok berguna untuk memberikan konsep yng sesuai (membangun keseimbangan) antara masalah sumber dan maalah target.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I.,M.Pd. / Gamar Assagaf, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Analogi, Berpikir Analogi, Limas |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 00:41 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 00:41 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2175 |
Actions (login required)
View Item |