Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Relasi Dan Fungsi Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Daring

Tutupoho, Fadlia Puspita Sari (2021) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Relasi Dan Fungsi Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Daring. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FADLIA PUSPITA SARI TUTUPOHO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi matematika selama masa pandemi covid-19 dalam pembelajaran daring. Peneliti menggunakan teori beban kognitif dan koneksi matematika untuk dapat mengetahui tingkat kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi matematika selama masa pandemi covid-19 dalam pembelajaran daring. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan instrumen soal tes, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas X Madrasah Nadil Ulumiddiniyah Ory Kabupaten Maluku Tengah. Hasil penelitian menggambarkan bahwa munculnya beban kognitif dan koneksi matematika selama masa pandemi dalam pembelajaran daring disebabkan oleh siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru via daring. Selain itu siswa kurang memahami konsep matematika dengan baik, kurang menggunakan hubungan antara fakta, konsep, dan prinsip matematika pada masalah yang akan diselesaikan. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar selama masa pandemi dalam pembelajaran daring yaitu jaringan internet yang kurang bagus dan minimnya fasilitas dalam pembelajaran daring. Siswa mengaku belajar matematika dengan menggunakan pembelajaran daring sangat sulit. Siswa juga belum terbiasa dan sangat sulit memahami materi matematika yang diberikan lewat pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abdillah, M.Pd / Yuli Hastuti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis kesulitan, Teori Beban Kognitif, koneksi Matematika, Relasi dan Fungsi, Pembelajaran Daring.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:11
Last Modified: 11 Mar 2022 06:11
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2184

Actions (login required)

View Item View Item