Pengaruh Pengorganisasian Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Kelas 2 Al-Wathan Ambon

Souwakil, Lamma (2016) Pengaruh Pengorganisasian Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Kelas 2 Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah selama ini hanyalah memprioritaskan dan menekankan untuk membuat urutan dari sebagian perencanaan yang diterapkan oleh guru sehingga siswa hanya mengikuti dan mematuhi apa yang disampaikan oleh guru tanpa mengetahui apa yang tersimpan dalam urutan materi pembelajaran itu. Kurangnya pemahaman dalam diri siswa sangat menentukan hasil belajar dan perhatian siswa dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Kondisi ini serupa juga dengan sekolah yang berada di kota Ambon yakni SMP Al-Wathan Kebun Cengkeh Ambon. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh penulis, guru dalam pembelajaran di kelas kurang memberikan penjelasan kepada siswa, padahal hal tersebut sangatlah berpengaruh dan mendasar untuk melakukan suatu kegiatan pembelajaran. Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengaruh pengorganisasian pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di kelas 2 SMP Al-Wathan Ambon? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh pengorganisasian pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Tempat penelitian dilakukan di SMP Al-Wathan Ambon. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan mulai tanggal 7 desember sampai 7 januari 2016. Untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara dua variabel berjenis interval. Hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat pengaruh pemahaman peserta didik terhadap prestasi belajar pada bidang studi pendidikan agama islam kelas 2 Al-Wathan Ambon. Hal ini terlihat dari analisis product moment antara variabel X dan variabel Y dan kemudian dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf 5% dan 1%, sehingga dengan jelas terlihat bahwa nilai r hitung = 0,596, db= 34 r tabel 5%= 0,334 dan r tabel 1%=0,596<0,430 pada taraf 1% nampak bahwa ada pengaruh pengorganisasian pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di kelas 2 SMP Al-Wathan Ambon sebesar 43,30%. Ada faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 57,70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Ummu Saidah, M. Pd. I / Pembimbing II : Nurhasana, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 15 Mar 2022 06:43
Last Modified: 15 Mar 2022 06:43
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2205

Actions (login required)

View Item View Item