Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Siswa Kelas VII MTs Alhilaal Morella

Sialana, Djunaina (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Siswa Kelas VII MTs Alhilaal Morella. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII MTs Alhilaal Morella yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan tahun ajaran 2021. Kemampuan komunikasi matematis yang akan diukur terdiri dari tiga aspek yaitu, (1) kemampuan menyatakan ide-ide matematis melalui lisan, tulisam, serta menggambarkan secara visual, (2) kemampuan menginterprestasikan dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan maupun tulisan, (3) kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah, simbol-simbol matematika, dan struktur-strukturnya untuk memodelkan situasi atau permasalahan matematika. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peniliti dan guru sebanyak dua siklus, Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan atau pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian diperoleh dari rubrik, Observasi dan Wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matemati siswa kelas VII MTs Alhilaal Morella. Presentase kemampuan komunikasi matematis yang berhasil dicapai siswa Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa untuk siklus I mencapai kategori cukup dengan rata-rata presentase skor tes 61,24%. Dari 22 siswa yang mengikuti tes, 2 siswa mencapai kategori sangat baik, 5 siswa mecapai kategora baik, dan 15 siswa mencapai kategori cukup. Dan pada siklus II hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa untuk siklus II, berhasi mencapai kategori baik dengan rata-rata skor tes presentase 69,38%. Dari 22 siswa yang mengikuti tes 2 siswa mencapai kategori sangat baik, 19 siswa mencapai kategori baik, dan dan 1 siswa mencapai kategori cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Apriani Nukuhaly, M. Pd / Pembimbing II : Kasliyanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Komunikasi Matematis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:43
Last Modified: 16 Mar 2022 01:43
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2213

Actions (login required)

View Item View Item