Rahanyaan, Asmi (2021) Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Himpunan Kelas VII MTs Al- Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (6MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “ kemampuan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah himpunan”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Yang dilaksanakan di MTs Al-Anshor Ambon dari tanggal 14 juni sampai tanggal 14 juli 2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Anshor yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah seluruhnya 16 siswa, setelah itu, peneliti memberikan soal tes kepada 16 siswa tersebut dan diminta mengerjakan soal. Dari hasil pekerjaan 16 tersebut, peneliti menemukan 5 siswa yang menjawab benar maka dari 5 siswa yang menjawab benar akan diberikan soal tes kedua dengan cara menggunakan thing alouds. Setelah mengerjakan soal, dari 5 siswa tersebut peneliti melakukan wawancara dengan 5 orang subjek , untuk memastikan jawaban subjek ketika menjawab pertanyaan sama dengan hasil pekerjaan subjek. Kemudian dari 5 orang yang diwawancarai tersebut diambil 2 siswa sebagai perwakilan untuk dijadikan subjek S1 dan S2. Berdasarakan hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir reflektif siswa sudah muncul ketika disajikan masalah matematika yaitu, memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir reflektif siswa pada materi himpunan kelas VII MTs Al-Anshor Ambon sudah memenuhi indikator berpikir refelektif siswa, S1 yang menjawab benar dan memiliki stuktur berpikir yang lengkap serta memenuhi 3 indikator tersebut. Ketika proses pembuktian dalam memahami apa yang ditanyakan dalam soal,apa yang diketahui dalam soal, penyelesaian jawaban, dan menarik kesimpulan yang dapat dikatakan dengan baik. Sedangkan kemampuan berpikir reflektif siswa S2 memiliki struktur berpikir yang lengkap, karena dari hasil akhir keduanya memiliki hasil akhir yang sama, namun hanya ada sedkit cara yang berbeda. Dan dapat memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir reflektif. Proses pembuktian dalam memahami apa yang diketahui dalam soal, apa yang ditanyakan dalam soal, penyelesaian jawaban, dan menarik kesimpulan yang dapat dikatakan baik. Dari sini dapat dilihat siswa memenuhi indikator kemampuan berpikir reflektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd / Pembimbing II : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Himpunan, Matematika |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 05:14 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 05:14 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2232 |
Actions (login required)
View Item |