Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Learning With Quiz Team

Rumeon, Siti Saharia (2021) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Learning With Quiz Team. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan Pemahaman Konsep adalah suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran yang berupa penguasaan sejumlah materi pembelajaran, dimana siswa tidak sekedar mengenal dan mengetahui, tetapi mampu mengungkapkan kembali konsep dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti serta mampu mengaplikasikannya kembali. Strategi Learning With Quiz Team merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dianggap mampu untuk mengatasi pembelajaran yang berpusat pada guru karena bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanggung jawab siswa terhadap apa yang mereka pelajari melalui cara yang menyenangkan dan melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan upaya peningkatan kemampuan pemahaman konsep melalui strategi learning with quiz team pada materi barisan dan deret aritmatika siswa kelas VIII MTs. Al-Anshor Ambon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Anshor Ambon pada tanggal 14 juni sampai tanggal 14 juli 2021. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII dengan jumlah sebanyak 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi learning with quiz team dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas VIII MTs Al Anshor Ambon. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan hasil belajar pada prasiklus yang tuntas 6 siswa atau 27,27% dengan nilai rata-rata 53,64. Pada siklus I yang tuntas 12 siswa atau 54,54% dengan nilai rata-rata 64,13. Dan meningkat pada siklus II terdapat 17 siswa atau 77,27% yang mencapai ketuntasan kemampuan pemahaman konsep secara klasikal dengan nilai rata-rata 74,38. sedangkan 5 orang atau (22,72%) siswa belum mencapai ketuntasan, dikarenakan masih ada siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pelajaran dikelas terdapat siswa yang tidak memperhatikan guru asyik mengobrol dengan temannya dan juga masih ada yang bermain-main, ada pula beberapa siswa yang tidak mencatat materi yang disampaikan atau memperoleh nilai di bawah ketuntasan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd. I., M. Pd / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Learning With Quiz Team, Barisan dan Deret Aritmatika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 18 Mar 2022 00:35
Last Modified: 18 Mar 2022 00:35
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2245

Actions (login required)

View Item View Item