Konsep Adab Guru dalam Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya Imam Nawawi

-, Saidin (2022) Konsep Adab Guru dalam Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya Imam Nawawi. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

Skripsi ini berkenaan dengan studi tentang: Konsep Adab Guru dalam Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya Imam Nawawi. Tujuan penelitian yaitu: untuk mengetahui bagaimana konsep Adab Guru dalam Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya Imam Nawawi Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library Research) dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca buku-buku, dan menganalisis terjemahan kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya Imam Nawawi, dengan menggunakan literatur pendukung seperti kitab terjemahan Adabul ‘Alim wal Muta’allim Karya Imam Nawawi oleh Hijrian A. Prihantoro, Lc. L. L.M. dan kamus AL-Munawwir. Serta lebih memfokuskan pada konsep Adab itu sendiri. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 25 Oktober 2021 sampai 25 November 2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 5 (lima) Adab yang harus dimiliki oleh Guru, yaitu:1) Adab Guru Terhadap Diri Sendiri; 2)Adab Guru Terhadap Ilmunya (profesinya); 3) Adab Guru Terhadap sesama Guru; 4) Adab Guru dalam Belajar; 5) Adab Guru dalam Mengajar. Dari kelima Adab Guru Menurut Imam Nawawi tersebut mencakup: Seorang Guru hendaknya meluruskan niatnya, menjadikan Ridha Allah Swt. sebagai tujuan belajar mengajar, mengajar bukan untuk mencari kesenangan duniawi, senantiasa berperilaku baik, berperilaku rendah hati, memperhatikan penampilan, menjauhi sifat-sifat tercela, bersikap muraqabah (merasa diawasi oleh Allah Swt.), tidak semena-mena menggunakan ilmu, menjauhi hal-hal yang bersifat samar-samar, giat membaca, rajin menulis karya (ilmiyah), berinovasi, tidak menghalangi peserta didik yang ingin belajar, mendidik peserta didik secara bertahap, cinta terhadap ilmu, perduli terhadap peserta didik, memberikan sesuatu yang dicintai kepada peserta didik, mencintai peserta didik seperti mencintai anak sendiri, bersikap ramah, tidak boleh kikir ilmu terhadap peserta didik, professional dalam mengajar, mengajarkan materi sesuai dengan tingkat pemahaman peserta didik, tidak boleh menyombongkan diri, selalu bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam mengajar, disiplin waktu, menguasai keterampilan dalam mengajar, memiliki kemampuan dalam mengelola kelas, mampu mengkondusifkan ruangan, menjadi motivator, melanggengkan amalan dzikir serta menjadikan segala aktivitas keilmuan untuk menggapai Ridha dari Allah Swt. semata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Ridwan Latuapo, M.Pd / Mukhlisin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Adab Guru, Kitab Adabul Mu’allim.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 27 Oct 2022 23:15
Last Modified: 27 Oct 2022 23:15
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2528

Actions (login required)

View Item View Item