Pellu,, Siti Rafiga (2022) Atensi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Amalatu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (5MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Atensi adalah proses konsentrasi atau pemusatan aktivitas mental peserta didik pada saat menyelesaikan masalah matematika. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana atensi peserta didik dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan atensi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Amalatu dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi statistika. Indikator Atensi antara lain, Mengingat kembali informasi sebelumnya dan menanggapi atau memberikan umpan balik terhadap masalah dengan menghubungkan informasi sebelumnya dengan masalah yang ada; Menganalisis dengan memecah informasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan mudah dipahami dan Melihat hubungan antara proses dekomposisi untuk mendapatkan cara-cara yang dapat digunakan dalam proses penyelesaian untuk mendapatkan hasil akhir yang merupakan bagian dari pengambilan keputusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui atensi peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi Statistika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari dua siswa yang memenuhi indikator atensi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes serta wawancara. Data hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator-indikator atensi. Teknik analisis data mengacu pada konsep Miles dan Hiberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi waktu dan pengecekan teman sejawat Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa Peserta didik mampu dalam menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal. Kemudian memberikan umpan balik dalam dengan menjelaskan strategi yang dapat digunakan dalam menyelesaikan soal. mampu menjelaskan informasi dari soal, strategi yang digunakan dan mengingat kembali konsep yang pernah di ajarkan serta menjelaskan hubungan antara soal dan strategi yang digunakan. mampu menjelaskan tentang cara atau langkah dalam penyelesaian soal, menentukan kesimpulan dan menjelaskan kesulitan yang dialami, yang merupakan bagian dari pengambilan keputusan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Patma Sopamena, M. Pd / Pembimbing II : Yuli Hastuti, M. Si |
Uncontrolled Keywords: | Statistika |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 02:00 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 02:08 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2603 |
Actions (login required)
View Item |