Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak peserta didik SMA Negeri 47 Maluku Tengah

Touwe, Nur Ain (2022) Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak peserta didik SMA Negeri 47 Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Lamiran lampiran.pdf

Download (386kB)

Abstract

Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi guru PAI dalam pembinaan akhlak peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Inovasi guru PAI dalam membina perilaku pesrta didik di SMA Negeri 47 Maluku Tengah ,perencanaan mampu dilaksanakan dengan baik seperti halnya pembiasaan peserta didik berperilaku terpuji seperti salam, sapa dan saling menghargai antar teman, membuat komunitas yang baik sesama peserta didik seperti pembentukan tim kelompok dan juga komunitas diba’an, penerapan sanksi-sanksi bagi peserta didik yang melanggar aturan, memberikan keteladanan dan pembiasaan yang baik kepada peserta didik seperti halnya menolong sesama,toleransi. (2) Inovasi guru PAI dalam pembinaan perilaku peserta didik SMA Negeri 47 Maluku Tengah pelaksanaanya dilakukan secara optimal salah satunya dilakukan melalui pengajaran dengan menyisipkan nasehat-nasehat ditengah-tengah materi selain itu juga menghubungkan antara materi dengan fakta yang ada dimasyarakat, membiasakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun) dengan seperti itu peserta didik secara tidak langsung mampu melakukan adap atau sopan santun dengan baik, penjadwalan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah yang mana akan melatih peserta didik agar terbiasa melakukannya setiap hari,hafalan juz’amma sebelum pembelajaran dimulai peserta didik sangat antusias karena siap yang hafal ada nilai plus tersendiri. (3) Hasil inovasi guru PAI dalam membina perilaku peserta didik di SMA Negeri 47 Maluku Tengah dapat sesuai dengan apa yang telah direncanakan serta proses pelaksanaanya, inovasi-inovasi dapat dijalankan dengan baik guna untuk memperbaiki perilaku peserta didik yang kurang berkenan dan dapat mengarahkannya ke dalam perilaku. Factor pendukung yang mempengaruhi inovasi guru PAI dalam pembinaan akhlak pada peserta didik yaitu adanya kerjasama antar guru dan juga kegiatan-kegiatan tambahan yang menunjang para peserta didik dalam pembinaan akhlak mereka, sedangkan factor penghambatnya yaitu, kemajuan ilmu dan teknologi yang seiring berkembangnya zaman tambah berkembang pesat, kurangnya perhatian dari orang tua, lingkungan tempat tinggal peserta didik yang tidak memadai, dan juga kurangnya kesadaran dari masing-masing individu atau peserta didik itu sendiri.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Prof. Dr. Idrus Sere, M.Pd.I / Dr. Abidin Wakano, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Nov 2022 00:41
Last Modified: 15 Nov 2022 00:41
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2612

Actions (login required)

View Item View Item