Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat pada siswa kelas IX MTs Liantasik

Rumakabis, Masita (2021) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat pada siswa kelas IX MTs Liantasik. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Berdasarkan uji pendahuluan yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi sementara bahwa siswa kelas IX MTs Liantasik yang mengerjakan soal uji pendahuluan, melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui bagaimanakesalahan siswa MTS Liantasikdalam menyelesaikan soal persamaan kuadratserta faktor penyebabkesalahan siswa MTs Liantasik dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan analisis kesalahan Newman.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatifdengan penelitian deskriptif. Instrumen penelitian ini berupasoal tes dan pedoman wawancara. Peneliti menentukan subjek penelitianmenggunakan soaltes untuk mengetahui hasil tes siswa yangmemenuhi indikator kesalahan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca soal ada 1 subjek yakni tidak dapat menbaca kata-kata, satuan atau symbol-simbol dengan benar. (2) Siswa yang melakukan kesalahan dalam memahami soalada 12 subjek pada indikator 1 termasuk 5 subjek pada indikator 2yakni siswa tidak menuliskan apa yang diketahui serta siswa menuliskan apa yang diketahui namun tidak tepat. (3) tidak ada subjek yang melakukan kesalahan dalam transformasi soal. (4) subjek yang melakukan kesalahan keterampilan proses pada indikator 2 sebanyak 12 subjek yakni siswa tidak dapat memproses lebih lanjut solusi dari penyelesaian soal termasuk 3 subjek pada indikator 3 yakni siswa melakukan kesalahan dalam perhitungan. (5) siswa yang melakukan kesalahan dalam penulisan jawaban akhir pada indikator 3 sebanyak 1 subjek yakni siswa menuliskan kesimpulan tetapi tidak tepat dan pada indikator 2 sebanyak 12 subjek yakni siswa tidak menuliskan kesimpulan sedangkan pada indikator 1 ada 5 subjek yakni siswa salah dalam menuliskan jawaban akhir. Kemudian, siswa melakukan kesalahan menyelesaikan soal disebabkan karena lemahnya penguasaan materi serta tidak teliti dalam menyelesaikan jawaban sehingga kesalahan tersebut memenuhi tipe kesalahan menurut Newman diantara 4 tipe kesalahan yaitu kesalahan membaca soal, kesalahan memahami soal, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M. Pd / Pembimbing II : Yuli Hastuti, M. Si
Uncontrolled Keywords: Persamaan kuadrat
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:47
Last Modified: 16 Nov 2022 00:47
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item View Item