Peran Tenaga Pengajar Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Hijrah 2 Desa Kahena Kecamatan Sirimau Kota Ambon

Rumalutur, Rahmawati (2022) Peran Tenaga Pengajar Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Hijrah 2 Desa Kahena Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan tentu di dalamnya ada peran seorang guru sebagai pengajar, guru dituntut untuk melakuan sebuah perubahan dalam dunia pendidikan, diantaranya guru berperan dalam peningkatan kualitas pembelajaan dalam dunia pendidikan formal, informal maupun nonformal. dan proses pembelajaran di TPQ Al-Hijrah 2 saat ini masih kurangnya peningatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an baik itu dari anak-anak itu sendiri maupun dari tenaga pengajar. Serta masih kurangnya kualitas bacaan Al-Qur’an anak-anak. Untuk itu peneliti ingin melihat peran tenaga pengajar TPQ Al-Hijrah 2 dalam peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Hijrah 2, dan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Peran Tenaga Pengajar Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Hijrah 2 Desa Kahena Kec, Sirimau Kota Ambon. (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat peran tenaga pengajar dalam peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Al-Hijrah 2 Desa Kahena Kec, Sirimau Kota Ambon . Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2021 -18 September 2021 di TPQ Al-Hijrah 2. Dengan sumber data dalam penelitian ini adalah 4 para tenaga pengajar yaitu 1 pimpinana dan 3 orang tenaga pengajar.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adapun peran tenaga pengajar dalam peningkatan kualias pembelajara Al-Qur’an di TPQ Al-Hijrah 2: (1) sebagai Pembimbing, memberikan motivasi serta nasehat kepada para peserta didik atau santri dan selalu sabar dalam membimbing santri yang lambat dan sulit dalam bacaan mengajinya. Sebagi Pendidik, para tenaga pengajar selalu mendidik para santri mengenai kedisiplinan datang mengaji, memberikan nasehat dan memberikan hukuman hafalan bila santri melakukan kesahalahan. Sebagai Pengajar, para tenaga pengajar diharuskan menguasai materi yang diberikan kepada para santri berupa fikih ibadah, hukum bacaan, ilmu tajwid, makhrojal huruf. (2)Faktor Pendukung adalah tersedianya ruang TPQ yang cukup yakni 2 ruang TPQ untuk kelas Iqro dan Al-Qur’an, tersedianya Al-Qur’an dan Iqro sebanyak 30 Al-Quran dan 30 Iqro, tersedianya para tenaga pengajar, dukungan orang tua santri dalam kedisiplinan santri datang mengaji dan Kedisiplinan yang berlaku di TPQ Al-Hijrah 2 Desa Kahena Kec. Sirimau Kota Ambon. Faktor Penghambat adalah Kurangnya tenaga pengajar, teman yang cenderung mengajak bermain dan kurangnya perhatian dari orang tua santri untuk menjaga hafalan anak di rumah dan karakter dan sifat santri yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Nur Hasanah, M.S.I / Mukhlisin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tenaga Pengajar, Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:13
Last Modified: 16 Nov 2022 01:13
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2624

Actions (login required)

View Item View Item