Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan pada Siswa Kelas VII Mts Hasyim Asy’ari Ambon

Aihunan, Darmiyanti (0023) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan pada Siswa Kelas VII Mts Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal mauppun faktor eksternal. pemahaman yang tidak mantap akan mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal. Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Pada Siswa Kelas VII Mts Hasyim Asy‟ari Ambon. Tipe penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, instrumen yang digunakan adalah tes materi perbandingann dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa subjek belum bisa membedakan antara perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai, sehingga subjek sulit menyelesaikan permasalahan, kemudian subjek juga sulit untuk menentukan rumus-rumus dalam menyelesaikan permasalahan. Setelah diberikan refleksi subjek dapat memahami dan menyelesaikan soal dengan benar sehingga memenuhi indikator pemecahan masalah menurut Polya yaitu : (1) memahami masalah, (2) menyusun rencana pemecahan masalah, (3) melaksanakan rencana penyelesaikan masalah, dan (4) melakukan pengecekan kembali, dengan alasan langkah-langkah pemecahan masalahnya sangat mudah dimengerti dan sangat sederhana, kegiatan yang dilakukan setiap langkah jelas dan secara eksplisit mencakup semua langkah pemecahan dari pendapat ahli lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Nur Apriyani Nukuhaly, M. Pd / Pembimbing II : Nurlaila Sehuwaky, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Perbandingan Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:34
Last Modified: 16 Nov 2022 06:34
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2634

Actions (login required)

View Item View Item