Laitupa, Indrawari (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Tepuji Peserta Didik di SMK Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (228kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (223kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (217kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.pdf Download (218kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (377kB) |
Abstract
Adapun tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak tepuji peserta didik di SMK Muhammadiyah Ambon dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak tepuji peserta didik di SMK Muhammadiyah Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 15 September sampai dengan 15 Oktober 2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Ambon dengan 2 orang guru PAI sebagai informan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru sangat berperan dalam pembentukan perilaku terpuji peserta didik sangat baik dan efektif, hal ini dilihat dari program sholat dzuhur berjamaah, mengadakan perayaan hari besar Islam (PHBI) dan Pesantren Ramadhan. Selain itu antara guru pendidikan agama Islam dengan peserta didik tetap harmonis dan membuat buku point terhadap peserta didik yang bermasalah (melanggar tata tertib), dan mengadakan pembinaan dan bimbingan, namun beberapa kegiatan tidak dilakukan karena dengana danya pandemi covid-19 oleh karena siswa melakukan proses pembelajaran dari rumah dengan pembelajaran daring. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembentukan perilaku terpuji peserta didik di SMK Muhammadiyah Ambon. Faktor pendukungnya yakni; pertama; tenaga pendidik yang professional, dimana dewan guru di SMK Muhammadiyah Ambon 90% sudah memenuhi standar nasional dengan berijazah S-1 yang sesuai dengan bidangnya, kedua; stakeholder, keberadaan lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan pribadi peserta didik, karena keberadaan peserta didik di masyarakat lebih banyak dan lebih lama dibandingkan dengan di Sekolah dan ketiga; sarana dan prasarana, SMK Muhammadiyah Ambon mempunyai mushala yang cukup untuk menampung peserta didik dan guru dalam melakukan shalat dzuhur berjama’ah, dan digunakan untuk kegiatan sekolah yang kondusif karena letak sekolah yang tidak berdektan dengan lingkungan perumahan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yaitu; pertama: Kurangnya perhatian dari orang tua, peran orang tua dalam lingkungan keluarga akan berpengaruh pada pola pikir dan orientasi pendidikan anak karena semakin tinggi peran orang tua akan melengkapi pola pikir dalam mendidik anaknya, kedua: heterogenitas, keadaan lingkungan peserta didik yang berada diantara percampuran budaya desa dan kota, sehingga peserta didik (remaja) akan mencoba meniru budaya-budaya yang ada di perkotaan meskipun tidak sesuai dengan budaya masyarakat setempat dan ketiga: maraknya dunia informasi, perkembangan media komunikasi yang dapat merusak akhlak peserta didik bila tidak terkontrol dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Abidin Wakano, M.Ag / Saidah Manilet, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PAI, Akhlak Tepuji Peserta Didik. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 06:40 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 06:40 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2686 |
Actions (login required)
View Item |