Strategi Guru Fikih dalam Memotivasi Shalat Berjamaah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon

Irma, Wa (2022) Strategi Guru Fikih dalam Memotivasi Shalat Berjamaah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul strategi guru fiqih dalam memotivasi shalat berjamaah pada peserta didik di Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon yang bertujuan untuk mengetahui strategi guru fiqih dalam memotivasi shalat berjamaah pada peserta didik, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif. Sumber data primer diambil dari sumber wawancara dan observasi kepala sekolah, guru fikih dan peserta didik. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen sekolah dan data kepustakaan. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah peneliti sendiri sebagai human instrumen, kemudian wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah mereduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dan analisisi disimpulkan bahwa strategi guru fiqih dalam memotivasi shalat berjamaah pada peserta didik di madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon yaitu menggunakan strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, staretgi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran melalui pengalaman dengan menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi, metode latihan, metode pemberian sanksi dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik arti penting shalat berjamaah. motivasi peserta didik dalam menjalankan shalat berjamaah di masjid dapat dikatakan tinggi terlihat dari banyaknya peserta didik yang melakukan shalat berjamaah di masjid. Faktor pendukung dalam memotivasi peserta didik shalat berjamaah, dari yaitu adanya dorongan dari diri sendiri peserta didik seperti, kemauan untuk melaksanakan shalat berjamaah tanpa harus di perintahkan oleh guru. Faktor lain adalah lingkungan sekolah yang agamis, adanya dukungan dari pihak madrasah, ketersediaan sarana seperti mesjid, tempat wudhu. Sedangkan faktor penghambat juga teridiri dari kurangnya kesadaran diri peserta didik, shalat karena ingin dipuji, kurangnya perhatian orang tua dirumah, kurangnya disiplin waktu, dan kurangnya pengawasan. Cara mengatasi hambatan dalam memotivasi peserta didik shalat berjamaah, yaitu dengan memberikan nasehat dan motivasi yang mana motivasi dari dalam diri peserta didik dan motivasi dari luar peserta didik, motivasi ini berupa pemberian nilai, hadiah, pujian serta hukuman. Menjadwalkan guru untuk membimbing dan mengawasi peserta didik serta menyiapkan waktu khusus untuk shalat berjamaah yang telah diatur dalam jadwal setiap hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Djamila Lasaiba, M.A / Mokhsin Kaliky, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Fiqih , Motivasi Shalat Berjamaah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 25 Nov 2022 00:42
Last Modified: 25 Nov 2022 00:42
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2713

Actions (login required)

View Item View Item