Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Mts LKMD Waemoli Kecamatan Batabual Kabupaten Buru

Ode, Wa Gusti (2019) Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Mts LKMD Waemoli Kecamatan Batabual Kabupaten Buru. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti mata pelajaran matematika sehingga hasil evaluasi yang mereka peroleh tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan dan siswa juga menganggap bahwa matematika itu sulit sehingga mereka bosan mengikuti mata pelajaran tersebut. Selanjutnya proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas siswa acuh terhadap materi yang di sampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kepercayaan diri siswa terhadaphasil belajar matematika kelas VIIJ di Sekolah MTs LKMD Waemoli Kecamatan Batabual Kabupaten Buru dan untuk mengetahui besar pengaruh kepercayaan diri siswa tarhadap hasil belajar matematika kelas VIII di sekolah MTs LKMD Waemoli Kecamatan Batabual Kabupaten Buru. Tipe penelitian adalah kuantitatif yang dilaksanakan selama 1 bulan terhitung dari tanggal 16 oktober sampai 16 November 2018. Lokasi di MTs LKMD Waemoli. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, regresi linier sederhana, uji-t dan koefisien detenninasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ada pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VIII MTs LKMD Waemoli kecamatan Batabual Kabupaten Buru. Hal ini diJihat dari hasil penelitian berdasarkan rubrik penilain kepercayaan diri siswa berdasarkan analisis setiap item rubrik bahwa dari 16 siswa yang mengikuti tes, terdapat 11 siswa dengan persentase (68,75%) mendapat nilai dengan katagori sangat baik, 5 siswa dengan persentase (31,25%). Selanjutnya juga dilihat dari analisis terakhir dari Uji t menyatakan bahwa nilai thittmg = 3,586 dan nilai tiabcI = I ,697. Hal ini menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar dari twocI pada taraf nyata 5% (thitung > t,abel), maka Ho ditolak dalam arti Hi diterima atau dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa "Ada pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VlII MTs LKMD Waemoli kecamatan Batabual Kabupaten Buru". Besar pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar matematika kelas VTIJ MTs LKMD Waemoli Kecamatan Batabual Kabupaten Buru berdasarkan koofisien determinasi sebesar 41,7% dan 58,3% dari faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ajeng Gelora Mastuti, M. Pd / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 11 May 2020 02:43
Last Modified: 11 May 2020 02:43
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item