Hataul, Ali (2022) Analisis Beban Kognitif Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I.III.V.pdf Download (2MB) |
|
Text
ALI HATAUL.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Beban kognitif ekstrinsik adalah suatu beban kognitif yang terjadi akibat faktor atau pengaruh dari luar yang dialami oleh seseorang dalam mempelajari sebuah materi, sehingga konsentrasi seseorang dalam belajar dapat terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis beban kognitif siswa smp dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial Penilitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ambalau dari tanggal 27 Mei sampai 27 Juni 2022. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang yang memenuhi indikator beban kognitif dan diwakilkan oleh 2 orang siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ambalau. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Beban kognitif ekstrinsik yang dialami oleh siswa SL dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial dilihat dari penyelesaian soal tes adalah cara penyajian materi oleh guru, penggunaan metode pembelajaran, dan kondisi suasana lingkungan belajar di dalam kelas. (b) Beban kognitif ekstrinsik yang dialami oleh siswa GP dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial dilhat dari penyelesaian soal tes adalah penjelasan dari guru yang terlalu cepat, terlalu banyak tugas, serta kondisi dan susana lingkungan belajar di luar kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Patma Sopamena, M.Pd.I., M.Pd / Nani Sukartini Sangkala, M.Si |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 06:46 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 06:46 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3949 |
Actions (login required)
View Item |