Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika

Masbait, Ishak (2023) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan suatu peristiwa dialog atau saling hubungan yang terjadi di lingkungan kelas, dimana terjadi pengalihan pesan, dan pesan yang dialihkan berisikan tentang materi matematika yang dipelajari siswa, misalnya berupa konsep, rumus atau strategi penyelesaian suatu masalah secara lisan maupun tertulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas VII SMP Negeri 23 Ambon. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 23 Ambon yang berjumlah 18 orang, kemudian dari 18 orang siswa terdapat 4 orang siswa yang menjawab benar dan memenuhi karakteristik kemampuan komunikasi matematis. Dari 4 orang tersebut diambil 1 orang sebagai subjek. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Peneliti, Soal tes, Pedoman wawancara, Catatan lapangan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika, yaitu: 1) Menggunakan bahasa matematika yang disajikan dalam bentuk lisan dan tulisan, dimana siswa dapat menjelaskan dan menggunakan bahasa matematika dari informasi yang ditanyakan kedalam bentuk lisan dan tulisan; 2) Penggunaan representasi matematika yang disajikan dalam bentuk tulisan atau visual, dimana siswa dapat menyelesaiakn masalah dengan menggunakan notasi, simbol dan diagram. Kemudian itu siswa harus mampu memahami masalah yang terdapat dalam soal, selanjutnya siswa menyelesaikan dengan menggunakan notasi, simbol, dan diagram; dan 3) Menginterpretasikan ide ide matematika serta mengambarkan hubungan- hubungan atau model matematika, dimana siswa dapat menjelaskan permasalahaan yang di berikan, S1 mengerjakan soal dan mengintepresetasikan ide ide matematika, menggunakan istilah atau notasi matematika dalam merepresentasi ide- ide matematika serta menggambarkan hubungan- hubungan atau model matematika, dan menjelaskan mulai dari yang diketahui sampai dengan tahap penarikan kesimpulan dengan tepat serta makna yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas VII SMP NEGERI 23 AMBON sudah memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr.Patma Sopamena, M.Pd,I.,M.Pd / Pembimbing II : Mariana, M.Si
Uncontrolled Keywords: Deret Aritmatika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 22 Nov 2023 00:17
Last Modified: 22 Nov 2023 00:17
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3972

Actions (login required)

View Item View Item