Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar

Hasri, Muthia (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
MUTHIA HASRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan kemampuan siswa dalam memahami dan menyampaikan konsep ataupun proses yang di pelajari serta memecahkan masalah pada ilmu matematika. Sehingga, siswa dituntut agar dapat memahami setiap pembelajaran yang disampaikan guru. Karena kemampuan komunikasi matematis penting , maka diperlukan model pembelajaran yang praktis, efektif dan efisien dalam penerapannya sehingga siswa dapat mudah memahami materi yang diberikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat dilakukan adanya penggunaan model pembelajaran Flipped Learning. Flipped learning merupakan model pembelajaran mengharuskan siswa berperan aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dikelas lebih didominasi oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped learning dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran Flipped Learning siswa kelas VII MTs Negeri Ambon. jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 40 orang terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 orang siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran flipped learning terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bentuk aljabar sebesar 2,076 berdasarkan hasil uji regresi. hal tersebut dapat dilihat pula berdasarkan rata-rata pretest kelas eksperimen 41,55 dan kelas kontrol 32,81. Selanjutnya rata-rata posttest kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen 82,33 dan kelas kontrol yaitu 70,84. Oleh karena itu, didukung berdasarkan posttest kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model flipped learning lebih meningkat dan lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Fahruh Juhaevah, M.Pd, / Rusmin Madia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Flipped Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:08
Last Modified: 24 Nov 2023 01:08
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3993

Actions (login required)

View Item View Item