Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 23 Ambon

Wagola, Yanti Jubair (2023) Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 23 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon, prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu kurangnya penggunaan model dalam pembelajaran. Salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model yang sesuai dengan materi pelajaran, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan alternatif tindakan yang sangat tepat untuk dilaksanakan. Hal ini sesuai dengan tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa terhadap materi zat aditif dan adiktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada materi zat aditif dan adiktif di kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon yang berjumlah 25 siswa. Instrument penelitian ini menggunakan lembar aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa serta soal tes Dari hasil penelitian ini diperoleh presentase hasil observasi aktivitas guru siklus I sebesar 77,95% dan siklus II 100%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 77,08% dan siklus II 100%. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 69,6 nilai rata-rata pada siklus I menjadi 84,8 pada siklus II. Dengan demikian model pemebelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi zat aditif dan adiktif, di kelas VIII SMP Negeri 23 Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Adam Latuconsina, M.Si / Pembimbing II : Enggal Mursalim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Teams Games Tournament Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:14
Last Modified: 24 Nov 2023 03:14
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4002

Actions (login required)

View Item View Item