Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika dengan Pendekatan Project Based Learning pada Materi Bangun Datar Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Ambon

Rumonin, Intan (2023) Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika dengan Pendekatan Project Based Learning pada Materi Bangun Datar Peserta Didik Kelas VII MTs Negeri Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

LKPD adalah sumber belajar yang berbentuk lembaran-lembaran tugas, pentunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas, evaluasi pembelajaran yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan dan perbaikan dalam pembelajaran yaitu dengan mencoba berbagai strategi, metode, model ataupun pendekatan yang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif dan sistematis peserta didik yaitu salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) yang mana model pembelajaran berbasis Project Based Learning adalah proses pembelajaran yang secara langsung melibatkan peserta didik untuk menghasilkan Suatu Proyek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Pengambilan data penelitian dilakukan di MTs Negeri Ambon. sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII1 (kelas eksperimen) dengan jumlah 38 orang dan VII2 (kelas kontrol) dengan jumlah 34 orang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut sebagai berikut: (1) bentuk model Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Project Based Learning layak digunakan untuk pembelajaran matematika khususnya pada materi bangun datar yang mana bentuk model LKPD berbasis PjBL digunakan, disusun berdasarkn tujuan penulisan, petunjuk penggunaan, kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator serta langkah-langkah PjBL, kemudian direvisi sesuai saran dan masukan dari ahli materi dan hasil dari rata-rata penilaian ahli materi diperoleh dengan kategori baik serta hasil penilaian dari angket peserta didik diperoleh rata-rata persentase dengan kategori baik ; (2) terdapat perubahan dari sebelum proses pembelajaran, peserta didik belum dapat menguasai materi yang diajarkan oleh guru tetapi dengan adanya bantuan LKPD yang diberikan oleh peneliti peserta didik dengan mudah memahami materi yang berikan ketimbang materi yang diberikan sebelumnya oleh guru dapat dilihat dari hasil uji N-gain yaitu Nilai mean N-gain score untuk kelas eksperimen (Penggunaan LKPD matematika dengan pendekatan Project Based Learning pada materi bangun datar) sebesar 0,6072 maka 0,6072 ≤ 0,7 termasuk dalam kategori sedang dengan nilai N-gain score minimum 0,02 dan maksimum 0,90. Nilai Mean N-gain score kelas kontrol (pembelajaran konvensional) adalah sebesar 0,2013 maka 0,2013 > 0,3 termasuk dalam kategori rendah sedangkan dengan nilai N-gain score minimum -.12 dan maksimum 0,40.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Anasufi Banawi, M. Pd / Pembimbing II : Gamar Assagaf, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning Bangun Datar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 29 Nov 2023 00:10
Last Modified: 29 Nov 2023 00:10
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4015

Actions (login required)

View Item View Item