Epistemic Cognition Siswa Auditorial dalam Memecahkan Masalah Matematika

Patty, Rizki Syabelah (2023) Epistemic Cognition Siswa Auditorial dalam Memecahkan Masalah Matematika. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Epistemic cognition adalah keyakinan individu tentang bagaimana memperoleh, membangun, memahami, menggunakan dan menjustifikasi pengetahuan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui epistemic cognition siswa dengan gaya belajar auditorial dalam memecahkan masalah matematika. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 orang siswa dengan gaya belajar auditorial yang diambil dari 22 orang siswa kelas X SMA Negeri 15 Ambon. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dengan instrumen pendukung adalah lembar gaya belajar, soal pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa epistemic cognition siswa pertama dengan gaya belajar auditorial dalam memecahkan masalah matematika masuk pada kategori level epistemik dominan rasional, terlihat dari kecenderungan siswa yang lebih banyak menggunakan strategi metakognisi terutama monitoring dan control, melakukan pendekatan pemecahan masalah dan justifikasi dalam memecahkan masalah dominan ke rasional. Sedangkan epistemic cognition siswa kedua dengan gaya belajar auditorial dalam memecahkan masalah matematika masuk pada kategori level epistemik rasional empiris, terlihat dari siswa menggunakan strategi metakognisi (planning, monitoring, dan control), pendekatan pemecahan masalah dan justifikasi dalam memecahkan masalah dengan tingkat rata-rata yaitu secara rasional maupun secara empiris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abdillah, M.Pd / Pembimbing II : Nurlaila Sehuwaky, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Epistemic Cognition Matematika
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 06 Dec 2023 00:29
Last Modified: 06 Dec 2023 00:29
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4046

Actions (login required)

View Item View Item