Penerapan strategi pembelajaran Giving question and Getting answer dalam meningkatkan hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI pada konsep sistem pernapasan manusia MA Al-Hilaal Morella

Yaya, Yaya (2018) Penerapan strategi pembelajaran Giving question and Getting answer dalam meningkatkan hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI pada konsep sistem pernapasan manusia MA Al-Hilaal Morella. Skripsi thesis, IAIN AMBON.

[img] Text
FULL SKRIPSI_111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I, III, V_111.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik belum aktif dalam pembelajaran. Peserta didik jarang mengajukan pendapat baik bertanya maupun menjawab pertanyaan. Akibatnya, peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Sehingga, hasil belajar peserta didik masih banyak berada dibawah KKM. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah diterapkannya Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answer. Strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answers adalah implementasi dari strategi pembelajaran konstrufistik, yang menempatkan peserta didik sebagai subjek dalam pembelajaran. artinya, peserta didik mampu merekonstruksi pengetahuanya sendiri sedangkan guru hanya sebagai fasilitator saja. Strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer, diberi kesempatan untuk bertanya dan mengemukakan pendapat melalui kartu secara tertulis, sehingga peserta didik didorong untuk menyampaikan pertanyaan dan pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI MA AL-Hilaal Morella pada konsep Sistem Pernapasan Manusia dengan penerapan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer. Tipe penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reaserch). dan waktu penelitian dari tanggal 9 Maret-9 April. Lokasi penelitian di MA AL-Hilaal Morella, subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MA AL- Hilaal Morella. Prosedur penelitian ini sebanyak dua siklus yang melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dalam strategi pembelajaran Giving Quastion ang Getting Answer di MA AL-Hilaal Morella sedangkan peningkatan yang diperoleh dari hasil belajar peserta didik melalui strategi pembelajaran Giving Quastion and Getting Answer di MA AL-Hilaal Morella pada tes awal 17,65%, siklus I adalah sebesar 64,71% dan siklus II sebesar 94,12%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I; Nur Alim Natsir, M.Si Pembimbing II; Pebrywati Watimury, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi Pembelajaran Giving question Getting answer Meningkatkan Hasil belajar Biologi Sistem pernapasan manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Usemahu Abdullah
Date Deposited: 25 Jun 2020 06:08
Last Modified: 25 Jun 2020 06:08
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item View Item