Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Difinubun, Fera (2023) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Analisis adalah suatu pemeriksaan terhadap suatu objek tertentu untuk mengetahui permasalahan yang terjadi kemudian permasalahan tersebut diselidiki dan disimpulkan guna dapat memahami akar dari permasalahan tersebut. Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik pada level yang lebih tinggi, terutama yang berkaitan dengan kemampuan untuk berpikir secara kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini diambil dari siswa kelas VIII-2 SMP N 23 Ambon yang berjumlah 19 siswa yang kemudian terambil 2 siswa sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, yaitu soal tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kesalahan berdasarkan 5 indikator, yaitu 1) kesalahan membaca, dimana siswa tidak dapat membaca kata-kata yang ditanyakan dalam soal dengan benar; 2) kesalahan memahami, dimana siswa tidak dapat memahami soal dengan baik sehingga siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal; 3) kesalahan transformasi, terjadi ketika siswa mengerti apa yang ditanyakan oleh soal tetapi tidak bisa mengidentifikasi operasi yang tepat yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal; 4) kesalahan proses penyelesaian, terjadi ketika siswa menggunakan metode dengan baik tetapi tidak bisa melanjutkan langkah-langkah penyelesaian dan melewatkan beberapa langkah-langkah menyelesaikan soal dalam menentukan operasi hitung dengan prosedur yang benar dalam pengerjaan soal; 5) kesalahan penulisan jawaban, terjadi karena siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal dan siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal sehingga siswa membuat keliru dalam menuliskan hasil akhir jawaban dikarenakan tidak memeriksa ulang lembar jawaban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Mariana, M. Si / Pembimbing II : Nani Sukartini Sangkala, M. Si
Uncontrolled Keywords: Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 05 May 2024 16:59
Last Modified: 05 May 2024 16:59
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4305

Actions (login required)

View Item View Item