Tuara, Rinaldi (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Possing Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar di Kelas VII SMP 1 Atap Negeri Sekat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (6MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, besar pengaru dan respon siswa pada strategi pembelajaran problem posing terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP kelas VII. Penelitian dilakukan pada siswa SMP kelas VII SMP 1Atap Negeri Sekat pada tangal 02 juni 2021. dengan sampel penelitian yang diambil dari sebagian anggota populasi target pada kelas VII SMP 1 Atap Negeri Sekat sebanyak 15 siswa. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik uji regresi pada data hasil belajar siswa. data hasil belajar diperoleh melalui tes objektif dan tes uraian, sedangkan data angket respon siswa diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa setelah pembelajaran. Hasil analisis regresi pada uji-t menunjukan tingkat signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 sehingah Ho ditolak. dengan kesimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran problem possing terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP 1 Atap Negeri Seka. Hasil penilitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran problem possing terhadap pemahaman konsep matemtaika siswa kelas VII SMP 1Atap Negeri Sekat. Besar Pengaruh strategi pembelajaran problem possing terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP 1 Atap Negeri Sekat pada materi bangaun datar persegi dan persegi panjang yaitu sebesar 0,882. koefesien tersebut bernilai positif, sehinga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y positif. Artinya setiap penambahan 1 poin respon siswa terhadap strategi pembelajaran problem possing maka akan meningkat pemahaman konsep matematika siswa SMP 1 Atap Negeri Sekat pada materi bangun datar sebesar 0,882poin. Berdasarkan hasil sebaran angket respon siswa pada strategi pembelajaran problem possing menunjukan bahwa pada setiap indikator pernyataan sangat setuju lebih besar dari pernyaatan tidak setuju dengan rata-rata presentase pada indikator yaitu 67% sampai dengan 71 dan masuk dalam kategori kuat. Sehinga dapat dikatakan bahwa siswa SMP 1 Atap Negeri Sekat sangat merespon strategi pembelajaran problem possing dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Sarfa Wassahua, M. Pd / Pembimbing II : Dina Amalya Lapele, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Problem Possing, Bangun Datar |
Subjects: | Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 01:38 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 01:38 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4353 |
Actions (login required)
View Item |